Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Dempo Pilar Tertinggi di Sumatera Selatan

Written By IKLILUDIN Aras on Minggu, 20 April 2014 | 16.55

Foto dari trijayafmpgl.net |Puncak Dempo dari dari jahu
GUNUNG DEMPO terletak di Kotamadyah Pagar Alam, Palembang-Sumatera Selatan. Gunung tertinggi di  Sumatera Selatan ini masih merupakan bagian jajaran bukit barisan. Bagian terdekat dari Gunung Dempo, Bukit Dinding [2026 mdpl), Bukit Payung (1570 mdpl) dan Gunung Berapi/Merapi. Menurut berbagai informasi, penduduk desa setempat juga sering mendaki ke puncak-puncak tersebut. Pendakian penduduk setempat tak lain hanya untuk mencari kayu bakar. Tidak hanya penduduk setempat, Gunung Dempo sendiri juga bagian dari surga para penggiat alam bebas dan juga pendaki gunung luar dari sumatera, seperti pulau jawa, bahkan anak-anak Mapala Leuser dari Aceh sudah beberapa kali mendaki ke sana, penulis sendiri berencana mendaki kesana setelah liburan kerja nanti,"oya lagi kumpul-kumpul uang juga ne..

Mau kesana yuk kita liat aksesnya.  
Foto m.rmolsule.com | Puncak Merapi, Danau Warna Warni dan Kayu Panjang umur
Buat Anda dari luar pulau Sumatera, khususnya dari Kalimantan dan bagian Timur Indonesia. Tentunya perencanaan kita harus matang, walaupun tidak matang-matang kalilah, setidaknya mantaplah alah pendaki gitu. Dari kota Palembang, buat yang naik pesawat lho, kalian bisa menuju terminal di wilayah kota palembang, ada banyak terminal disana, kawasan Jembatan Ampera. Pendaki dapat menggunakan mini bus atau bus menuju Pagar Alam, waktu yang dibutuhkan sekitar 7 jam perjalanan. Selama di perjalanan kita akan merasakan tanjakan-janjakan dan melihat jurang-jurang yang menganga lho...

Kota Pagar Alam itu dingin dan sejuk tentunya kita akan merasakan keindahannya, Pagar Alam itu Bogornya Sum-Sel, sebab kita akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh kepunyaan PT.PN III. Pagar Alam di huni oleh masyarakat mutikultur. Perjalanan dari Kota Pagar Alam menuju PT. PN III lebih kurang tiga jam, atau sejarak lebih kurang 15km, ini tergantung juga dengan kondisi perjlanan juga lho. Namun, kabar baik buat kita yang mau kesana, soalnya sudah ada

Bandara yang langsung ke Kota Pagar Alam, Bandaranya beberapa bulan lalu baru di resmikan SBY. Bandar Udara Pagar Alam, Lahat, Sumatera Selatan. Kondisi fasilitas saat ini sudah 100 persen. Bandar Udara Pagar Alam, Lahat, Sumatera Selatan, nantinya direncanakan akan dibuka penerbangan perintis dengan rute Bengkulu-Pagar Alam.  

* Pendakian
Pendakian dimulai dari PT. PN III menuju Kampung Empat. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan, dan anda selama diperjalanan akan dimanjakan oleh  indahnya hamparan perkebunan teh yang menghijau dan sekali-kali anda akan melihat karyawan sedang memetik teh.

Dari Kampung Empat menuju Pintu Rimba, kalau orang Palembang bilang rimba itu rimbo, berbeda dengan orang Semendo lagi. Kampung Empat ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Kawasan ini merupakan tempat tinggalnya karyawan kebun teh yang mayoritas berasal dari pulau Jawa. Biasanya para pendaki bisa cek lagi packing yang mereka bawa, khususnya untuk pengisian air selama pendakian. Dari Kampung Empat pendaki langsung memasuki pintu rimba/rimbo, sekitar 30 menit.

Pintu rimba merupakan pos pertama pendakian dengan topografi area yang vegetasi antara perkebunan teh dengan hutan raya Gunung Dempo. Lintasan pada pos licin dan mulai menanjak. Guna mengurangi resiko terjatuh, biasanya para pendaki umumnya berpegangan dengan akar-akar yang ada pada lintasan jalur pendakian. Lumayan watunya ke pos tersebut sekitar satu jam.

Pada pos pertama ini, kita dapat menikmati air alam, soalnya pada pos ini terdapat sumber air. untuk menuju pos dua dari pos satu sekitar dua jam pendakian dengan rute tetap melintasi beberapa sumber air. Kondisi jalur sangat licin dan akan lebih bahaya lagi seketika waktu turun hujan. "gak hujan aja licin apalagi hujan" heheh. Dilintasan ini kita akan di kenalkan dengan sebutan "Dinding Lemari", lemari alam bukan lemari uang, kalau lemari uang bisa di pindahkan sama pendaki.

Pos kedua ini berada pada ketinggian  2600 mdpl, pada sisi bagian kanan jalur terdapat sumber air. "naik dempo banyak air lho". Pos kedua ini, para pendaki akan menuju makam puyang (makam nenek moyang) istilah bahasa setempat. Kawasan ini bermedan menanjak dan hutan lebat, waktu pendakian umumnya berkisar 2,5 jam, sampai tiba di Makam Puyang Herlan. "nanti kalau kita kesana kita tulis sejarah, kenapa ada makam punya disana, atau anda yang mendaki kesana nanti tanya deh kenapa ada Makam Puyang.

Makam Puyang Herlan di ketinggian 2950 mdpl. Artinya tidak lama lagi para pendaki akan menuju "puncak bahagia", hahaah istilah aku saja tu, maksudnya puncak Dempo. Pada lintasan jalur ini kita akan menemui "kayu panjang umur". Waktu tempuh menuju puncak Dempo sekitar 30 menit atau bisa lebih dari itu, tergantung si pendakinya lho.

Puncak Dempo, sebuah dataran kecil di ketinggian 3173 mdpl (meter di atas permukaan laut). Setelah di puncak, para pendaki bisa langsung ke Lembah Parapuyang, lembah ini menggambarkan antar puncak Gunung Berapi dan Gunung Dempo. Disinilah Anda akan menikmati yang namanya indahnya sunset dan juga sunrise yang menggoda anda. kawasan ini cukup luas dan tentunya terbuka, tapi gak bisa main bola, hehehe. 

Foto ruliarullah.wordpress.com| View Puncak Dempo Tampak Dari Kebun Teh
Dikawasan ini, para pendaki bisa beristirahat sejenak sekalian ngecamp, soalnya dari tempat ini untuk menuju puncak Merapi hanya memakan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Saran buat pendaki sebaiknya istiahat dan bisa mengumpulkan kekuatan buat ke esokan harinya. Puncak Merapi juga tak kala indahnya dengan puncak-puncak di pegunungan Dempo, karena anda akan di manjakan dengan surganya danau di atas puncak. konon di puncak ini kita bisa menikamti perubahan warna danau setiap saat,"oya nanti kita sama-sama kesana ya, yang terpenting infonya bro,

#Baca Buku "Mari Mendaki Gunung dari Leuser Sampai Cartennz" karangan Hatiba Abdul Kadir. di halaman 20, dengan judul Gunung Dempo | 3173 mdpl Nirwan di Lembah Parapuyang

2 komentar:

LianArkan mengatakan...

Wow jadi kepingin kesana...biar tabungannya baru cukup untuk ongkos....

IKLILUDIN Aras mengatakan...

siapkan aja berapa yang ada, nanti kalau aku udh di sana bos aman aja tu?

Posting Komentar