Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Wow! Air Terjunnya Tak Jahu Dari Kampung Halaman

Written By IKLILUDIN Aras on Minggu, 01 Juli 2012 | 21.50


Air Terjun Bedegung Muaranim (twicsy.com)
Salah satu objek wisata yang tak boleh dilewatkan saat traveling ke Sumatera Selatan adalah air terjun Bedegung Muaranim. Derasnya air terjun yang turun dari ketinggian 120 meter itu bisa Anda nikmati gratis. Asyik!

Jika berkunjung ke Sumatera Selatan, tidak ada salahnya datang ke Desa Bedegung di Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan. Lokasi air terjun ini masih masuk dalam kawasan wisata Bedegung. 

Di sana terdapat hulu Sungai Enim yang saat ini digunakan sebagai Kejurnas Arung Jeram "Arung Sumsel 2012".

Memiliki tinggi 120 meter, air terjun ini menjadi objek wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi, Anda tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk alias gratis.

Gratis alias bebas bayar ini tidak hanya berlaku untuk tiket masuk, tapi juga untuk penggunaan kamar mandi dan parkir. Bahkan harga makanan dan minuman yang dijual para pedagang di sekitar air terjun itu relatif murah atau sama dengan pasaran umum.

Liburan ke air terjun Bedegung Muaranim, Anda tidak hanya bisa melihat derasnya air yang turun, tetapi juga merasakan langsung segarnya air. Cukup berdiri sekitar 300 meter, Anda akan disambut dengan rintikan air terjun bagaikan hujan gerimis.

Hanya saja untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus membawa kendaraan sendiri, dengan jarak tempuh dari Muaraenim ke lokasi sekitar 48 km, sementara dari Palembang sekitar 260 km. Ini karena tidak ada kendaraan umum dari Muaraenim maupun Tanjungenim yang merupakan kota terbesar di Kabupaten Muaraenim.

Meskipun gratis dan murah, tapi lokasi wisata ini tampak tidak terawat. Bisa terlihat dari minimnya tempat pembuangan sampah, sehingga sampah berserakan di mana-mana. Kamar mandi umum yang tidak layak, termasuk penginapan yang disebut "vila" sangat kotor dan tidak terawat.

Sadar akan hal tersebut, Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar mengatakan pihaknya akan melakukan perbaikan infrastruktur di lokasi wisata tersebut, dan dia akan melibatkan masyarakat sekitar lokasi dalam program wisatanya.

"Kita juga berencana menambah jalur arung jeram sekitar dua kilometer ke arah hulu," kata Muzakir, saat pembukaan Kejurnas Arung Jeram Muaraenim, Sabtu (30/06/2012) kemarin.

Kondisi yang kotor dan tampak tidak terawat ini juga dikeluhkan warga Palembang yang mengunjungi tempat ini. "Tempatnya indah, tapi tampak kotor, dan terkesan tidak dirawat," ujar Maulina.

Sumber | detikNews

0 komentar:

Posting Komentar